FAQ

Berikut ini adalah berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh user. Kami membagi daftar pertanyaan ini menjadi dua bagian: pertama untuk user umum dan kedua adalah untuk user yang merupakan admin masjid. Dengan memahami daftar pertanyaan sekaligus jawaban ini, maka akan mendukung kenyamanan Anda dalam menggunakan situs ini.

1. Apakah layanan di laman MasjidKita ini gratis?

Ya benar, seluruh layanan dalam MasjidKita ini adalah gratis/tidak berbayar.

2. Apa saja fitur layanan yang bisa saya gunakan?

Berikut ini adalah fitur dari layanan MasjidKita:

  • Artikel : Anda dapat mengirimkan artikel berisi informasi perkembangan masjid dll
  • Masjid : Informasi masjid sebagai jembatan silaturrahim dapat Anda peroleh 
  • Modul : Modul wirausaha sebagai bentuk kombinasi dakwah dan dagang
  • Infaq : Fitur ini memungkinkan Anda dapat menyalurkan infaq dan shodaqoh 
  • Jadwal Ustadz : Layanan ini dapat memberikan seputar informasi jadwal ustadz terkini 

3. Apakah akan ada update terkait layanan MasjidKita?

Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan MasjidKita, termasuk jangkauan dan kualitas layanan yang ada di dalamnya. Kami terbuka terhadap saran dan masukan yang membangun terkait dengan ini dari Anda semua.

4. Apakah yang dimaksud dengan fitur donasi masjid?

Fitur ini merupakan bentuk crowdfunding masjid yang ada sekaligus pertama di Indonesia. Sebagai upaya memakmurkan masjid melalui berbagai pelaksanaan program, baik fisik maupun non fisik di masjid tersebut. Maka dalam operasionalnya membutuhkan pendanaan. Kami mencoba menjembatani antara kebutuhan pendanaan masjid tersebut dengan Anda semua hamba Allah yang berkeinginan memberikan infaq dan shodaqohnya terhadap masjid yang bersangkutan.

Anda dapat memberikan donasi infaq dan shodaqoh kepada masjid yang Anda inginkan. Adapun sifat donasi ini adalah:  

  • besaran donasi yang diberikan adalah sesuai dengan kemampuan dan keikhlasan Anda
  • informasi terkait dengan kebutuhan pendanaan masjid akan diinfokan oleh masjid yang bersangkutan melalui laman ini. Anda bisa menyesuaikan infaq dan shodaqoh dengan kebutuhan masjid yang bersangkutan 
  • namun, Anda juga dapat memberikan infaq dan shodaqoh walaupun masjid yang Anda maksud tidak mempublikasikan kebutuhan pendanaan 
  • semua infaq dan shodaqoh yang terkumpul akan digunakan untuk kemakmuran masjid yang bersangkutan. Pengurus masjid akan memberikan update terkait dengan penggunaan dana yang terkumpul melalui laman ini
  • semua infaq dan shodaqoh yang Anda berikan akan langsung disampaikan/dikirimkan ke masjid yang bersangkutan. MasjidKita tidak memotong infaq & shodaqoh yang Anda berikan dan tidak mengambil keuntungan komersial dari hal tersebut
  • MasjidKita mendukung pengurus masjid untuk terus meningkatkan transparansi penggunaan pendanaan yang terkumpul melalui skema pelaporan yang up-to-date dengan penggunaan dana tersebut 

5. Apa bedanya bentuk crowdfunding MasjidKita dengan crowdfunding masjid lainnya?

Selama ini memang benar, bahwa pengumpulan infaq dan shodaqoh masjid juga dijalankan oleh dewan pengurus masjid. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, MasjidKita hadir di tengah masyarakat dalam upaya memberikan layanan berbeda kepada para donatur yang ingin menyalurkan infaq dan shodaqohnya ke masjid-masjid melalui layanan MasjidKita.

6. Jika saya ingin memberikan donasi lantas bagaimana?

Anda bisa memilih salah satu dari dua metode ini: 

  • transfer langsung ke pihak pengelola masjid
  • transfer melalui rekening virtual payment gateway MasjidKita. (donasi akan langsung dikirimkan ke pihak pengelola masjid beserta bukti pendanaan

Dengan metode kedua diatas, kami akan lebih mampu untuk mengontrol efektivitas penggalangan donasi melalui laman ini. Yang mana hal ini akan menjadi masukan untuk peningkatan kualitas laman MasjidKita. Seluruh donasi akan diserahkan kepada pihak pengelola masjid. Kami tidak memotong apapun serta tidak meminta pembayaran fee atas pengumpulan donasi ini.  

7. Terkait dengan layanan kegiatan masjid, apakah informasi yang tersaji bersifat update-to-date?

Kami mendorong pihak pengelola masjid untuk senantiasa melakukan pemutakhiran berita dan jadwal kegiatan di masjid sebagai salah satu upaya untuk memakmurkan masjid.

Anda dapat ikut pula menjadi peserta di kegiatan-kegiatan pada masjid yang tersedia seperti pengajian, acara perayaan hari besar, gotong royong dan lainnya

8. Bagaimana jika saya ingin mendaftar acara ini?

Anda dapat mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan di masjid manapun yang ada pada laman ini, dengan cara mendaftar ke kegiatan melalui layanan daftar.

Dengan melakukan pendaftaran, maka Anda dan MasjidKita akan membantu masjid yang bersangkutan untuk dapat mengetahui berapa pemenuhan kapasitas, kebutuhan sumber daya dan logistik acara yang dibutuhkan. 

9. Bagaimana jika terjadi perubahan/pembatalan kegiatan masjid?

Apabila kegiatan masjid yang Anda daftar dan ikuti dibatalkan, maka akan ada pemberitahuan yang diberikan oleh masjid yang bersangkutan melalui laman MasjidKita.

Pemberitahuan serupa akan dilakukan apabila ada perubahan kegiatan misalnya terkait dengan waktu, tempat, susunan acara dan lainnya.

10. Saya ingin memberikan masukan untuk laman ini, bagaimana caranya?

Anda dapat memberikan masukan dan/atau kritik yang membangun untuk peningkatan layanan laman MasjidKita, cukup mengirimkan ke alamat email masjidkita.org@gmail.com. Kami akan sangat mengapresiasi setiap masukan dan/atau kritik dari Anda. 

Masukan ini akan menjadi salah satu basis bagi kami untuk peningkatan kualitas layanan secara berkelanjutan.