Artikel

5 Fungsi Masjid Yang Sebenarnya Wajib Anda Tahu

Jayyid Tamam 07 September 2016
Artikel

MTW NEWS – Siapa yang tak kenal dengan bangunan bernama Masjid. Tetapi kebanyakan tentu hanya mengenal fungsi masjid sebagai tempat ibadah umat muslim saja. Padahal sebenarnya, fungsi masjid ada banyak. Sebagaimana di zaman Rasulullah sendiri dimana masjid bahkan berfungsi sebagai tempat untuk mengobati mereka yang terluka akibat peperangan atau rumah sakit darurat adalah hal yang wajar adanya.

Bahkan menurut Quraish Shihab setidaknya ada 10 butir termasuk tiga diantaranya antara lain, tempat berlangsungnya pendidikan bagi Ummat, tempat konsultasi ekonomi dan sosial budaya, dan pastinya adalah tempat menunaikan ibadah format, shalat berjamaah, zikir serta tafakur serta kegiatan bersifat ibadah lainnya. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi masjid sebenarnya sangat banyak. Berikut adalah rangkuman 5 fungsi masjid yang sebenarnya sebagai umat muslim Anda wajib tahu.

Beragam, Setiap Fungsi Mengarah Pada Kemakmuran dan Kebaikan Ummat

Jika ditarik kesimpulan, tentu masjid bukan hanya sekedar bangunan dimana seseorang dapat beribadah sekaligus berkomunikasi secara intens dengan Allah SWT, sebagaimana firman Allah yang termuat dalam QS. Jin [72] :18 yang artinya, ”Dan Sesungguhnya Masjid-Masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah”. Maha benar Allah dengan segala firmanNya, demikian diantara tanda-tanda kebesaran Allah terkait dengan fungsi masjid, yang disetiap fungsinya tentu terkandung kebaikan sekaligus kemakmuran bagi Ummat.

1.Fungsi Dakwah

Ini adalah dasar dari Fungsi masjid, sebab kata “dakwah” dalam sudut pandang filosofis bermakna, segenap upaya untuk memanusiakan manusia seutuhnya sesuai dengan sendi-sendi keislaman. Ini mungkin dekat dengan fungsi pendidikan, namun jelas bermakna bahwa dakwah dilakukan dengan beragam cara, baik transformasi, transmisi serta yang paling utama adalah internalisasi (pendalaman) ajaran Agama Islam secara kaffah.

2.Fungsi Pendidikan

Fungsi masjid yang kedua ini, mengiringi fungsi pertama. Ini dengan sendirinya bisa terjadi, karena di dalam masjid jelas terjadi apa yang dalam konteks pedagogi disebut dengan exposure (pemajanan) serta habituation (pembiasaan). Contoh nyata, merapatkan shaf saat sholat berjamaah, mendengarkan dan menyimak ceramah khatib saat shalat jum’at, yang mana hal-hal tersebut selaras dengan intisari pendidikan formal.

3.Fungsi Ekonomi

Dalam kehidupan terselip sebuah cameo,”logika tanpa logistik adalah kosong”. Jelas di dalam ajaran Islam, masjid mengajarkan berfungsi pula sebagai basis pemberdayaan ekonomi masyarakat. Contoh nyata, pengumpulan infaq dan zakat, untuk dikelola dan dikembalikan sebagai wujud tindakan “memakmurkan ummat”.

4.Fungsi Sosial

Dalam kutipan pemikiran seorang Quraish Shihab, salah satu dari 10 point fungsi masjid adalah untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial yang bertujuan untuk kepentingan Ummat (muamalah). Dicontohkan dalam masa Rasulullah, masjid bahkan berfungsi sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan peradilan dan persidangan, ini jelas mengambarkan bahwa masjid adalah aspek penting dalam penegakan hukum yang bersendikan Islam.

5.Fungsi Ibadah

Ini bukanlah fungsi terakhir, namun adalah fungsi utama. Yang merangkum keseluruhan fungsi masjid diatas. Dengan demikian, bermakna bahwa setiap kegiatan yang dilakukan di Masjid haruslah mengandung unsur Ibadah sebagai bagian dari melaksanakan perintah Allah SWT.