Artikel

Banyak Kunci Menuju Surga

MasjidKita 12 October 2016
Artikel

Depoknews.com–Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Quran Ust. DR. Muslih Abdul Karim mengatakan, jika seseorang ingin masuk surga harus berbekal iman Islam. Dibarengi pula dengan kebersihan hati dan banyak sedekah.

Hal tersebut disampaikan Ust. Muslih saat memberikan ceramah tarhib Ramadhan di Masjid Al Marjan Komplek Permata Depok Regency Kelurahan Ratu Jaya, Cipayung, Depok, Minggu (14/6/2015).

“Bagi pemburu surga, kunci yang pertama harus bersih hatinya, pemaaf, menghilangkan sifat iri dengki, dan memperbanyak sedekah,” katanya.

Ust. Muslih juga menekankan keharusan untuk menghindarkan diri dari menggunjing saudara atau melakukan perbuatan yang merugikan orang lain. Sesuai dengan salah satu hadist Nabi Muhammad SAW, tambah dia, di akhirat kelak ada orang yang merugi atau bankrut karena sewaktu hidup melakukan amal sholeh namun juga melakukan perbuatan yang merugikan orang lain. Ketika orang tersebut meninggal belum sempat minta maaf, maka orang yang dirugikan tersebut bisa menuntut kepada Allah SWT mohon keadilan sehingga amal orang yang merugikan diberikan kepada orang yang dirugikan.

“Bahkan ketika amal orang yang merugikan orang tersebut habis, dosa orang yang dirugikan dipindahkan kepada orang yang merugikan orang lain tersebut,” jelasnya.

Dia turut menyampaikan keutamaan sedekah yang dilakukan setiap hari meskipun jumlahnya tidak besar. “Usahakan kita bersodaqoh setiap hari, terlebih di bulan suci Ramadhan karena kita akan mendapat doa dari malaikat yang mendoakan kepada orang yang bersodaqoh untuk dimudahkan rezeki dan urusannya,” tutup Ust. Muslih. (muj/fyu)